E-SISWA : Pemanfaatan Penggunaan Sumber Daya Alam


Pemanfaatan Penggunaan Sumber Daya AlamE-SISWA | Sobat Cerdas, dapatkah kamu menyebutkan sumber daya alam apa sajakah yang dimanfaatkan di Indonesia?

Sumber daya alam yang dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan suatu produk untuk memenuhi kebutuhan manusia sangat beragam. Sumber daya alam akan benar-benar sangat berguna apabila pemanfaatannya untuk mencukupi kebutuhan manusia.

Apakah kamu tahu bagaimana proses pembuatan penghapus itu? Penghapus merupakan salah satu macam alat tulis yang berbuat dari karet alam. Bahan baku ini banyak digunakan dalam industri –industri barang.  Umumnya penghapus berwarna hitam dan putih. Bukan hanya karet, penghapus juga terdiri atas bahan dasar plastik sebagai pencampurannya.

Karet alam diperoleh dari getah pohon karet. Saat kulit pohon karet disadap, getah berwarna putih akan mengalir kuat. Getah pohon karet ini sering disebut lateks. Lalu, lateks ini dicampur dengan bahan-bahan lainnya, seperti plastik, pigmen, minyak sayur, dan belerang.

Plastik berfungsi sebagai tambahan bahan dasar penghapus. Pigmen berfungsi sebagai pewarna penghapus. Minyak sayur sebagai agar penghapus lembut dan empuk. Belerang berfungsi sebagai penguat pada saat proses pembuatan penghapus.

Berikutnya, bahan-bahan tersebut melalui proses pemanasan dan pembentukan sekitar suhu 315-370 derajat celcius. Lalu, campuran karet tersebut dicetak dan dipotong sesuai dengan bentuk yang bermacam-macam. Kemudian, penghapus tersebut dibubuhi cap berupa nama produk, logo atau simbol. Setelah itu, penghapus dikemas dengan plastik dan kardus untuk selanjutnya dipasarkan.

Ternyata dibutuhkan banyak bahan dan proses panjang hanya untuk membuat sebuah penghapus. Oleh karena itu, pohon karet sebagai salah satu sumber daya alam  yang harus dijaga kelestariannya. Salah satunya dengan cara menanam dan merawat bibit baru dari tanaman sejenis. Demikian pula dengan bahan-bahan alam lainnya. Selain itu, kita dapat menghemat penggunaan penghapus sebagai salah satu cara melestarikan lingkungan.

Sumber daya alam merupakan kekayaan alam yang diciptakan oleh Tuhan untuk kesejahteraan manusia.

Berikut ini beberapa cara menggunakan sumber daya alam dengan bijaksana:
1. Memanfaatkan potensi sumber daya alam secara selektif dan sungguh-sungguh untuk mencukupi kebutuhan hidup
2. Menjaga kelestarian sumber daya alam
3. Menghemat. Perlu dihindarkan pemborosan dalam mengolah sumber daya alam
4. Memperbarui. Perlu adanya upaya untuk memperbarui sumber daya alam, antara lain :
    - Reboisasi dan  penghijauan lahan yang gundul
    - Mengembangbiakkan hewan dan menanam tanaman
    - Pengolahan tanah pertanian dengan Pancausaha Tani

Indonesia Pintar Belajar Dimanapun dan Kapanpun Yang Kamu Mau

Belum ada Komentar untuk "E-SISWA : Pemanfaatan Penggunaan Sumber Daya Alam"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel