E-SISWA : Memberikan Pendapat tentang Tokoh Cerita


Memberikan Pendapat tentang Tokoh Cerita
E-SISWA | Hai Sobat Cerdas semua, dapatkah kamu memberikan pendapat terhadap beragam karya yang ada di sekitarmu?

Komentar atau pendapat merupakan tanggapan yang ditujukan kepada karya seseorang. Karya yang dimaksud adalah karya yang bersifat memberikan informasi.  Misalnya, berita, cerita, artikel, pidato, persoalan, dan sebagainya.

Lalu, apa sajakah macam komentar atau pendapat itu? Perhatikan uraian-uraian berikut dengan saksama!

1. Pujian

Pujian merupakan suatu pengakuan dari seseorang atas kelebihan atau kebaikan dari suatu karya. Dengan kata lain, pujian adalah suatu penghargaan dari si pemuji terhadap orang yang dipuji atas karyanya. Biasanya pujian ini diikuti dengan kata-kata: hebat, luar biasa, wah dan lain-lain.

2. Saran

Saran merupakan pendapat dari seseorang mengenai karya yang dibuat oleh seseorang. Saran berisi usulan-usulan dari seseorang yang perlu dipikirkan atau dipertimbangkan lagi. Biasanya diikuti dengan kata-kata: seharusnya, sebaiknya, dan sebagainya.

3. Kritik

Kritik tidak jauh berbeda dengan saran. Kritik merupakan pendapat mengenai baik buruknya suatu karya seseorang yang perlu dipertimbangkan atau dipikirkan lagi oleh pembuatnya. Kritik digunakan untuk mengungkapkan suatu ketidaksetujuan yang mengarah pada sesuatu yang lebih benar dan baik.
Indonesia Pintar Belajar Dimanapun dan Kapanpun Yang Kamu Mau

Belum ada Komentar untuk "E-SISWA : Memberikan Pendapat tentang Tokoh Cerita"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel