Bab 1. Lingkungan Sekitar | IPS Semester Ganjil Untuk Kelas 3 SD/MI

IPS

A. Lingkungan Alam dan Buatan di Sekitar Rumah dan Sekolah

Lingkungan sekitar dapat dibagi menjadi 2 yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan. Lingkungan alam terbentuk secara alami karena diciptakan oleh Tuhan. Sedangkan lingkungan buatan ada karena dibuat oleh manusia. Lingkungan disekitar tempat tinggal kita, tentu ada lingkungan alam dan buatan.

Lalu, apa saja contoh-contoh lingkungan alam dan buatan?

1. Lingkungan alam di sekitar rumah dan sekolah

Lingkungan alam sering disebut juga dengan kenampakan alam. Lingkungan alam disuatu wilayah belum tentu sama dengan wilayah lainnya. Secara umum, berikut yang termasuk lingkungan alam yang ada disekitar kita.

a. Sungai

Merupakan jalan aliran air yang terbentuk secara alami. Aliran sungai mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, yaitu hulu ke hilir. Hulu berada digunung dan hilir berada dilaut.

Di Indonesia banyak sekali ditemukan sungai. Baik besar, kecil, panjang maupun pendek. Sungai wajib kita jaga kelestariannya. Jangan membiasakan membuang sampah ke sungai. Membuang ke sungai bisa mengakibatkan banjir karena sampah menghambat aliran air sungai.

b. Gunung

Merupakan gundukan tanah yang sangat besar dan tinggi. Ketinggiannya lebih dari 600 meter diatas permukaan laut. Apakah kalian pernah melihat gunung meletus? Gunung yang bisa meletus disebut gunung berapi. Dipuncaknya terdapat kawah. Jika gunung itu tidak dapat meletus lagi disebut gunung tidak berapi.

c. Pantai

Merupakan wilayah perbatasan daratan dengan laut. Pantai merupakan daerah yang berpasir. Di Indonesia banyak sekali pantai yang bagus dan terkenal sampai ke mancanegara atau luar negeri.

d. Laut

Merupakan wilayah perairan yang sangat luas dan airnya asin. Laut yang sangat luas disebut lautan atau samudra.

e. Danau

Merupakan genangan air di daratan yang sangat luas.Danau terbentuk karena adanya cekungan di bumi yang terisi dengan air. Danau dapat terbentuk karena letusan gunung berapi, gempa bumi, atau pengikisan tanah.

SOAL LATIHAN.
Sebutkan lingkungan alam dan lingkungan buatan disekitar rumahu ! 


2. Lingkungan buatan sekitar rumah dan sekolah

Lingkungan buatan sering disebut kenampakan buatan. Banyak sekali lingkungan buatan disekitar kita. Berikut beberapa diantaranya.

a. Jalan dan jembatan

Setiap kali berpergian, kalian pasti melewati jalan. Jalan adalah jalur lalu lintas manusia dan kendaraan (alat transportasi). Jalan dibangun demi kelancaran transportasi.

Ada pula jalan yang menghubungkan dua daerah yang berseberangan yang disebut jembatan. Jembatan biasanya dibangun diatas sungai maupun jurang.

b. Bangunan

Coba tengok, bangunan apa saja yang ada disekitar rumah dan sekolahmu! Bermacam-macam bukan?

- Rumah. Merupakan tempat tinggal manusia. Rumah biasanya dibangun berkelompok. Daerah perumahan disebut pemukiman

- Gedung sekolah. Sekolah dibangun sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan manusia akan pendidikan.

- Toko atau supermarker. Toko banyak dijumpai dipedasaan. Toko menyediakan barang kebutuhan sehari-hari kita. Sedangkan diperkotaan lebih banyak dijumpai supermarket

- Puskesmas, klinik, dan rumah sakit. Merupakan bangunan untuk menyelenggarakan kegiatan pengobatan bagi masyarakat.

Selain bangunan-bangunan tersebut, masih ada pula lingkungan buatan lainnya.

c. Sawah dan kebun

Sawah merupakan areal yang sengaja dibuat oleh manusia utnuk ditanami tanaman pertanian terutama padi. Sedangkan kebun adalah sebidang tanah yang ditanami pepohonan yang bermanfaat.

d. Waduk

Waduk pada dasarya sama dengan danau, yaitu cekungan di daratan yang berisi air. Waduk terbentuk karena dibuat oleh manusia. Waduk sebagai tempat penampungan air, baik air hujan ataupun air aliran sungai. Waduk juga disebut dengan bendungan.

e. Taman

Merupakan sebidang tanah yang sengaja tidak didirikan bangunan, tetapi ditanami dengan bunga-bungaan atau pepohonan rindang. Taman biasanya dilengkapi dengan kursi, ayunan dan perosotan untuk bermain anak-anak.

f. Kolam

Biasanya kolam juga terdapat ditaman bahkan ada disekolah. Kolam ikan digunakan untuk memelihara ikan. Selain kolam ikan, ada pula kolam renang.

g. Pelabuhan, bandara, terminal dan stasiun

- Pelabuhan. Merupakan tempat pemberhentian kapal untuk menaikkan dan menurunkan penumpang atau barang.
- Bandara. Merupakan tempat mendarat dan berpacunya pesawat terbang.
- Terminal. Merupakan tempat pemberangkatan dan pemberhentian bus.
- Stasiun. Merupakan tempat pemberangkatan dan pemberhentian kereta api.
Indonesia Pintar Belajar Dimanapun dan Kapanpun Yang Kamu Mau

Belum ada Komentar untuk "Bab 1. Lingkungan Sekitar | IPS Semester Ganjil Untuk Kelas 3 SD/MI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel