E-SISWA : Mengidentifikasi Peninggalan Sejarah Masa Kerajaan Hindu, Budha dan Islam


E-SISWA : Mengidentifikasi Peninggalan Sejarah Masa Kerajaan Hindu, Budha dan Islam
Dapatkah kalian menyebutkan apa saja sikap kepahlawanan itu? Pahlawan bukan orang yang sekedar mempunyai keberanian. Pahlawan juga punya rasa rela berkorban demi membela kebenaran dan kepentingan bersama.

Jasa – jasa para pahlawan memberikan pengaruh terhadap sudut pandang dan perilaku orang lain. Oleh karena itu, jasa-jasa para pahlawan sangat mulia.

Sikap – sikap yang harus dimiliki oleh para pahlawan yaitu ikhlas menolong orang lain, berani, dan gigih. Ikhlas menolong orang lain artinya tidak mengharapkan pamrih atau balas jasadari orang lain. Berani artinya mantap dan percaya diri dalam setiap tantangan.

Gigih artinya pantang menyerah dalam menerima setiap kegagalan. Kita sebagai generasi penerus dapat meneladani sikap kepahlawanan tokoh-tokoh Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu, siapa saja yang termasuk tokoh pahlawan Indonesia pada masa kerajaan Hindu, Buddha dan Islam. Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama.

1. Raja Mulawarman dari Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai berdiri sekitar 400 M. Mulawarman adalah raja terbesar di Kerajaan Kutai. Kerajaan Kutai termasuk kerajaan tertua di Indonesia. Kerajaan Kutai terletak ditepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Bukti tentang Kerajaan Kutai didapat dari Prasasti Tugu disebut Yupa. Prasasti Yupa berisi tentang keluarga Kudungga. Kudungga merupakan tokoh pendiri Kerajaan Kutai. Didalam Yupa dijelaskan bahwa Kudungga mempunyai putra bernama Aswawarman kemudian berputra Mulawarman.

Kerajaan Kutai berkembang pesat dibawah pimpinan Raja Mulawarman. Beliau dikenal sebagai pemimpin yang bijaksana, arif, serta memperhatikan kesejahteraan rakyat. Mulawarman merupakan raja yang taat beribadah. Beliau menganut agaman Hindu yang setia, selalu membina hubungan baik dengan para Brahmana.

2. Raja Purnawarman dari Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan ini berdiri pada abad V di Jawa Barat. Kerajaan ini merupakan kerajaan Hindu yang tertua di Jawa.  Raja Mulawarman merupakan raja yang besar. Salah satu peninggalan kerjaan Tarumanegara yaitu Prasasti Ciaruteun. Prasasti Ciaruteiuh.

3. Raja Balaputradewa dari Kerajaan Sriwijaya

Raja Balaputradewa mulai memerintah Kerajaan Sriwijaya mulai sekitar 850 M. Kerajaan Sriwijaya juga menjadi salah satu pusat perdagangan di Asia Tenggara. Oleh karena itu, Kerajaan Sriwijaya dikenal juga sebagai kerajaan maritim.

4. Sultan Iskandar Muda dari Kerajaan Aceh

Puncak kejayaan Kerajaan Aceh pada masa pemerintah Sultan Iskandar Muda. Pada masa itu juga, bangsa Portugis datang untuk menguasai Aceh. Portugis menginginkan hak istimewa dalam perdagangan, tetapi rakyat Aceh menolak karena, rakyat Aceh menyukai para pedagang Portugis yang sombong dan congkak.

Pada tahun 1585, Portugis menyerang Kerajaan Aceh. Tentara Aceh melakukan perlawanan dengan sengit sehingga Portugis dapat dikalahkan.

Sikap kepahlawanan dapat kita teladani dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan meneladani sikap kepahlawanan tersebut, kita menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain. Contoh sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain :
- Saling membantu antar anggota keluarga
- Menolong orang lain yang terkena musibah
- Menaati tata tertib disekolah
- Menjenguk teman yang sedang sakit
Indonesia Pintar Belajar Dimanapun dan Kapanpun Yang Kamu Mau

Belum ada Komentar untuk "E-SISWA : Mengidentifikasi Peninggalan Sejarah Masa Kerajaan Hindu, Budha dan Islam"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel