E-SISWA : Sifat - Sifat Cahaya


Sifat - Sifat Cahaya
Cahaya merupakan bentuk energi yang dapat kita lihat dengan mata. Cahaya sangat bermanfaat bagi kehidupan.

Sumber cahaya yang terbesar di bumi adalah cahaya matahari. Cahaya mempunyai sifat-sifat tertentu. Apa saja sifat cahaya itu?

Sifat-sifat cahaya dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Cahaya merambat lurus

Berkas cahaya merambat lurus artinya jika terhalang tembok atau benda gelap, berkas cahaya tidak dapat terlihat.

2. Cahaya dapat menembus benda bening

Benda-benda yang dapat ditembus cahaya disebut benda bening, contohnya kaca. Benda-benda yang tidak dapat ditembus cahaya dinamakan benda gelap. Contoh benda yang tidak dapat tembus cahaya yaitu kertas, karton, tripleks, kayu, batu, dan tembok.

3. Cahaya dapat dipantulkan

Pemantulan adalah proses terpancarnya cahaya dari permukaan benda yang terkena cahaya. Pemantulan cahaya ada dua jenis, yaitu pemantulan baur (pemantulan difusi) dan pemantulan teratur.

Pemantulan baur (pemantulan difusi) adalah pemantulan yang terjadi apabila cahaya mengenai permukaan yang kasar dan tidak rata. Pada pemantulan ini, sinar pantulnya tidak beraturan.

Pemantulan teratur adalah pemantulan yang terjadi apabila cahaya mengenai permukaan yang licin, rata dan mengkilap, misalnya cermin. Sinar pantulnya memiliki arah yang teratur.

4. Cahaya dapat dibiaskan

Cahaya yang dapat merambat melalui medium atau zat perantara yang berbeda akan mengalami pembiasan atau pembelokan. Apabila cahaya merambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat, cahaya akan dibiaskan mendekati garis normal. Misalnya, cahaya merambat dari udara ke air.

Sebaliknya, apabila cahaya merambat dari zat yang lebih rapat ke zat yang kurang rapat, cahaya akan dibiaskan menjauhi garis normal. Misalnya, cahaya merambat dari air ke udara.

Pembiasan cahaya sering kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, dasar kolam terlihat lebih dangkal dari kedalaman sebenarnya. Pembiasan juga dapat dilihat pada pensil yang dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air. Pensil tersebut akan tampak patah. Contoh lain pembiasan adalah terjadinya pelangi. Warna pelangi terbentuk karena hasil pembiasan cahaya putih.
Indonesia Pintar Belajar Dimanapun dan Kapanpun Yang Kamu Mau

Belum ada Komentar untuk "E-SISWA : Sifat - Sifat Cahaya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel