Rangkuman Materi Pekerjaan | E-SISWA


Rangkuman Materi Pekerjaan | E-SISWA
E-SISWA, Pekerjaan - Jika kamu mengamati, tentu kamu akan menemukan banyak pekerjaan disekitarmu. Tujuan utama seseorang bekerja adalah untuk mendapatkan penghasilan berupa uang. Dengan demikian uang, seseorang akan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

A. Jenis - Jenis Pekerjaan
  
Diantara banyaknya pekerjaan di dunia ini, secara garis besar pekerjaan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu pekerjaan yang menghasilkan barang dan yang menghasilkan jasa. Apa perbedaannya? Berikut penjelasannya.

1. Pekerjaan yang menghasilkan barang

Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah pekerjaan yang hasilnya dalam bentuk barang. Biasanya, pekerjaan jenis ini dilakukan dengan mengolah atau mengubah suatu barang menjadi barang baru yang berbeda dan lebih bermanfaat.

Berikut ini beberapa contoh pekerjaan yang menghasilkan barang.

- Perajin

Perajin merupakan orang yang pekerjaannya membuat atau menghasilkan barang kerajinan. Ada banyak contoh barang kerajinan yang dihasilkan oleh perajin diantaranya, meja, kursi, lemari, anyaman, dan lain-lain

- Petani

Petani merupakan orang yang pekerjaannya melakukan cocok tanam atau mengolah tanah dengan ditanami berbagai tanaman bermanfaat. Kegiatan pertanian banyak dilakukan oleh masyarakat didataran rendah, terutama pedesaan. Barang yang dihasilkan dari kegitan bertani antara lain padi, jagung, ketela pohon, kedelai, ketela rambat dan kacang tanah.

- Peternak

Peternak adalah orang yang pekerjaannya memiara dan mengembangbiakkan hewan untuk diambil manfaatnya. Hewan yang diternakkan misalnya kambing, sapi, ayam, itik, lebah, burung dan lain-lain. Usaha peternakan ini menghasilkan daging, susu, telur, kulit dan juga madu.

- Nelayan

Nelayan adalah orang yang pekerjaannya menangkap ikan dilaut. Pekerjaan sebagai nelayan banyak dilakukan oleh penduduk yang tinggal didekat pantai.

- Pedagang Makanan

Pedagang yang tergolong dalam pekerjaan yang menghasilkan barang adalah pedagang yang mengolah atau membuat suatu barang agar bisa dijual.


2. Pekerjaan yang menghasilkan jasa

Pekerjaan yang menghasilkan jasa dilakukan dengan memberikan pelayanan kepada orang lain. Orang yang bekerja dibidang ini, mendapatkan bayaran dari jasa yang telah diberikan. Karena itu, pekerjaan yang menghasilkan jasa membutuhkan pengetahuan, keterampilan, atau kemampuan fisik.

Berikut beberapa contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa :

- Pengajar

Pengajar merupakan orang yang menghasilkan suatu ilmu atau keterampilan pada anak didik. Contoh pengajar yaitu guru dan dosen. Pengajar termasuk pekerjaan di bidang jasa karena mendidik dan memberikan ilmu yang dimilikinya kepada anak didiknya.

- Tenaga Medis

Tenaga Medis adalah orang yang bekerja di bidang kesehatan. Contoh tenaga medis yaitu dokter, perawat, bidan dan apoteker. Mereka bekerja dengan memberikan pelayanan seperti mengobati atau merawat pasien.

- Pengemudi

Pengemudi adalah orang yang menjalankan suatu alat transportasi.

Macam - macam pengemudi diantaranya sebagai berikut :

1. Sopir

Sopir bekerja dengan mengemudikan mobil. Kemampuan mengemudikan kendaraan seperti mobil.

2. Pilot

Pilot adalah sebutan untuk orang yang mengemudikan pesawat terbang. Pilot dibantu dengan ko-pilot yang mana keduanya menjalankan pesawat mengikuti jalur penerbangan yang terprogram dalam navigasi pesawat.

3. Masinis

Masinis adalah sebutan untuk pengemudi kereta api. Masinis bertugas mempercepat, memperlambat, dan menghentikan kereta api berdasarkan sinyal kereta api.

4. Nahkoda

Nahkoda adalah sebutan untuk pengemudi kapal laut. Nahkoda dibantu anak buah kapal (ABK) dalam mengemudikan kapal.

5. Tukang Becak

- Montir dan tukang reparasi

Montir bekerja dengan memperbaiki kendaraan seperti motor dan mobil. Sedangkan reparasi biasanya memperbaiki alat-alat elektronik seperti televisi, radio, dsb.

- Penjahit

Penjahit yang tergolong menghasilkan jasa yaitu penjahit yang menjahit kain milik orang lain untuk dijadikan baju sesuai keinginan orang tersebut.

- Polisi

Polisi merupakan pegawai pemerintahan. Polisi bertugas mengatur ketertiban dan hukum dimasyarakat. Dan berjasa dalam menciptakan suasana yang aman dan tertib dalam masyarakat.

- TNI

TNI singkatan dari Tentara Nasional Indonesia. TNI juga termasuk pegawai pemerintah. TNI bertugas menjaga dan melindungi negara dari serangan yang ingin menghancurkan negara Indonesia. Pasukan TNI dibagi menjadi tiga, yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara.
Indonesia Pintar Belajar Dimanapun dan Kapanpun Yang Kamu Mau

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman Materi Pekerjaan | E-SISWA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel