Pentingnya Harga Diri | E-SISWA

Pentingnya Harga Diri | E-SISWA
E-SISWA, Pentingnya Harga Diri - Harga diri merupakan kebutuhan setiap orang. Karena harga diri, manusia dalam hubungannya dengan manusia yang lain, ingin didengar pendapatnya, menghargai dirinya sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan, dihormati, dan dapat dipercaya.

Harga diri penting dimiliki oleh manusia supaya manusia mampu bercermin diri tentang siapa, apa, dan bagaimana dirinya, serta mampu mempertahankan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.

Sebagai makhluk Tuhan yang memiliki harga diri, manusia harus mampu membina hubungan baik dengan lingkungan disekitarnya. Dalam masyarakat, kita hidup bersama orang lain. Kita saling berhubungan, kerja sama, dan tolong menolong dengan orang lain bahkan mungkin dengan orang yang belum kita kenal.

Hubungan seperti ini akan dapat berjalan dengan baik dan menyenangkan bila setiap orang saling menghargai dan menghormati. Sikap saling menghormati menunjukkan bahwa orang memiliki harga diri. Harga diri sangat penting dimiliki oelh setiap orang.

Berikut ini pentingnya memiliki harga diri :
1. Dihargai dan dihormati oleh orang lain
2. Lebih bisa mencintai dan menghargai diri sendiri
3. Tidak dijauhi orang lain
4. Mudah diterima oleh masyarakat
5. Diberi kepercayaan oleh orang lain
6. Tidak dihina atau diabaikan orang lain
7. Memiliki kepercayaan diri
8. Memiliki teman yang banyak

Sebaliknya, orang yang tidak memiliki harga diri atau memiliki harga diri yang rendah akan mendapat akibat sebagai berikut :
- Tidak dihargai dan dihormati oleh orang lain
- Memiliki teman yang sedikit
- Kepercayaan diri rendah
- Tidak bisa mencintai dan menghargai diri sendiri
- Diremehkan oleh orang lain
- Tidak dipercaya orang lain
- Tidak disukai banyak orang
- Mudah putus asa

Memiliki harga diri dapat juga memunculkan rasa percaya diri. Rasa percaya diri berhubungan erat dengan harga diri. Bagaimana hubungan harga diri dengan percaya diri?

Percaya diri adalah perasaan nyaman yang muncul saat kita yakin dengan keadaan atau kemampuan kita sendiri. Contohnya, sebelum menghadapi ujian, kita belajar dengan tekun. Setelah merasa cukup paham dengan materi pelajaran, akan muncul keyakinan dan kesiapan kita untuk mengerjakan soal ujian.

Rasa yakin dan siap ini menunjukkan rasa percaya diri dalam diri kita. Selain contoh tersebut, percaya diri juga dapat muncul dengan kepandaian otak kita atau apapun yang ada pada diri kita. Rasa percaya diri muncul karena harga diri yang kita miliki.

Harga diri yang tinggi menyebabkan kita merasa diterima, dihargai, dan diperlakukan sebagai manusia seutuhnya. Perasan diterima ini menyebabkan munculnya rasa nyaman sehingga kita mampu melaksanakan tugas tanpa beban. Keadaan inilah yang membuat kita lebih percaya diri.

Rasa percaya diri yang tinggi dapat dimiliki oleh orang yang memiliki mental yang hebat. Artinya, meskipun kemampuan kita diremehkan oleh orang lain, kita tetap merasa percaya dengan diri kita sendiri. Kita tetap yakin dengan tindakan yang kita lakukan.

Sikap seperti ini perlu kita kembangkan selama perbuatan kita lakukan dengan perbuatan yang baik. Dengan sikap ini, kita dapat membuktikan bahwa kita berprestasi walaupun orang lain telah meremehkan kita. Dengan demikian, harga diri kita akan naik seiring pengakuan orang lain pada diri kita.


AYO BERLATIH !!!

Ayo, menjawab soal-soal dibawah ini dengan tepat!
1. Sebutkan pentingnya memiliki harga diri!
2. Apa akibatnya jika seseorang tidak memiliki harga diri?
3. Apa yang dimaksud dengan percaya diri?
4. Apa akibatnya jika tidak mempersiapkan diri dalam menghadapi ulangan?
5. Sebutkan contoh perbuatan menolong orang lain!
Indonesia Pintar Belajar Dimanapun dan Kapanpun Yang Kamu Mau

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Harga Diri | E-SISWA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel