Uang - eSiswa | Channel Belajar Mandiri

Uang

MANFAAT UANG DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN DIRI DAN KELUARGA

Berbagai Alat Tukar

     Kebutuhan hidup manusia bermacam-macam. Manusia selalu ingin memenuhi kebutuhan hidupnya. Adakalanya kebutuhan tersebut tidak dapat dipenuhi diri sendiri, sehingga memerlukan orang lain. Oleh karenanya, manusia disebut makhluk sosial. Seseorang memerlukan barang yang tidak dimilikinya sendiri. Barang tersebut dimiliki oleh orang lain.

Pada zaman dahulu orang belum mengenal uang. Untuk mendapatkan barang dari seseorang, dilakukan dengan cara tukar-menukar barang. Dengan kata lain, barang ditukar dengan barang. Cara menukar barang untuk memenuhi kebutuhan disebut barter.

Pemikiran orang semakin maju. Cara tukar-menukar barang seperti itu mulai ditinggalkan. Mereka mulai menggunakan uang sebagai alat ukur. Uang rupiah dibuat dan diederkan oleh Bank Indonesia. Tiap-tiap negara memiliki uang masing – masing.
Jenis uang yang beredar di masyarakat

Uang adalah alat ukur atau alat pembayaran yang sah. Dengan uang, maka barang dapat ditukar dengan uang. Penukaran barang dengan uang disebut jual beli. Orang yang memilki barang untuk ditukarkan dengan uang disebut penjual. Orang yang memiliki uang untuk ditukarkan dengan barang disebut pembeli. Uang yang beredar di masyarakat ada dua jenis, yakni uang kartal dan uanr giral. Uang kartal berupa uang kertas dan logam. Sedangkan, uang giral berupa surat – surat penting, contohnya cek, giro, wesel, polis, dll.

UANG KERTAS

Uang kertas berbentuk persegi panjang. Memilki dua sisi yang berbeda. Ada sisi depam dan juga sisi belakang. Nilai uang kertas berbeda – beda. Ada yang bernilai Rp 100; Rp 500; Rp 1000; Rp 2000; Rp 5000; Rp 10.000; Rp 20.000; Rp 50.000; Rp 100.000. Uang kertas mudah dibawa, tetapi mudah rusak. Uang kertas dicetak dan diedarkan oleh Bank Indonesia (BI)

Uang Kertas

Ciri-ciri uang kertas sebagai berikut :
- Berbentuk persegi panjang
- Bertuliskan besarnya nilai uang
- Disudut ada gambar burung garuda Pancasila
- Bagian atas bertuliskan Bank Indonesia
- Ditandatangani oleh Gubernur Bank Indonesia

UANG LOGAM

Uang logam terbuat dari bahan logam. Uang logam yang beredar di masyarakat adalah Rp 50; Rp 100; Rp 200; Rp 500 dan Rp 1000. Uang logam seperti ini disebut juga uang pecahan atau receh.
Uang logam dicetak oleh Bank Indonesia.

Uang Logam

Ciri-ciri uang logam sebagai berikut :
- Berbentuk bundar
- Sisi lingkaran timbul
- Bertuliskan besarnya nilai uang
- Bertuliskan tahun pembuatan
- Bertuliskan Bank Indonesia

KEGUNAAN UANG

Uang berguna sebagai alat ukur atau pembayaran yang sah

CARA MENGELOLA UANG

1. Pengelolaan uang yang baik

Orang hidup selalu ingin memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, orang harus bekerja. Orang bekerja ingin mendapatkan uang. Pekerjaan yang menghasilkan uang, misalnya berdagang, buruh, pekerja, dll. Betapa sulitnya orang mencari uang. Oleh karena itu, jika kita memiliki uang harus dikelola dengan baik dengan cara ditabung.

Selain bisa menabung dirumah, seseorang juga dapat menabung di bank. Berdasarkan pemiliknya, bank dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu bank milik pemerintah dan bank milik swasta. Keuntugan menabung di bank yaitu :
- Aman dan dijamin tidak akan hilang
- Mendapatkan bunga dari bank
- Membantu pembangunan
- Dapat diambil sewaktu-waktu

2. Manfaat mengelola uang dengan baik

Menabung merupakan cara yang baik untuk mengelola uang. Mengelola uang dengan baik akan banyak memberikan manfaat. Beberapa manfaat mengelola uang dengan baik sebagai berikut :
- Menghemat pengeluaran
- Bapat memenuhi kebutuhan jumlah besar
- Tidak bergaya hidup mewah
Indonesia Pintar Belajar Dimanapun dan Kapanpun Yang Kamu Mau

Belum ada Komentar untuk "Uang - eSiswa | Channel Belajar Mandiri"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel