E-SISWA : Ringkasan Materi Salat Witir


E-SISWA : Ringkasan Materi Salat Witir
RINGKASAN MATERI SALAT WITIR | E-SISWA

A. Pengertian Salat Witir

Kata witir memiliki arti ganjil. Salat witir adalah salat sunah yang jumlah rakaatnya ganjil. Salar witir dilakukan pada malam hari, baik di bulan Ramadan maupun bulann lainnya. Hukum mengerjakan salat witir adalah sunah muakkad, artinya sangat dianjurkan oleh Rasulullah saw.

Salat witir merupakan penutup salat sunah malam. Salat witir dapat dikerjakan 3 rakaat sekaligus dengan satu kali salam tanpa tahiyat awal. Salat witir juga dapat dikerjakan dengan 1 rakaat.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda :
“ Sesungguhnya Allah itu ganjil (tunggal) dan menyukai orang yang salat witir.” (HR. Buhkari Muslim)

B. Ketentuan Pelaksanaan Salat Witir

Salat witir dapat dikerjakan mulai dari setelah salat isya’ sampai menjelang salat subuh atau terbit fajar. Salat witir merupakan penutup atau penyempurna salat malam, seperti salat tarawih dan salat tahajud. Pada bulan Ramadan, salat witir dikerjakan setelah salat tawarih.

Jumlah bilangan rakaat salat witir adalah ganjil. Paling sedikit satu rakaat dan paling banyak sebelas rakaat. Namun, kebanyakan umat Islam melakukan tiga rakaat. Pelaksanaan salat witir dapat dilakukan tiga rakaat ditutup sekalian salam, atau dua rakaat ditutup salam ditambah satu rakaat ditutup salam.

Setelah selesai melaksanakan salat witir, dianjurkan berzikir dan berdoa kepada Allah swt. Doa yang dibaca setelah salat witir ialah sebagai berikut :

SUBKHAA NALMALIKI LQUDUUSI

Artinya : “Mahasuci Engkau yang Maha Merajai, Mahasuci dari berbagai kekurangan.”

C. Keutamaan Salat Witir

Salat witir merupakan penutup salat malam yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Banyak hadis yang menjelaskan keutamaan salat witir. Berikut ini diuraikan beberapa keutamaan salat witir sebagai berikut :

- Sebagai tambahan salat fardu

Salat witir disebut juga sebagai tambahan salat karena dikerjakan di antara waktu salat fardu, yakni sesudah salat isya’ dan sebelum salat subuh.

- Salat witir dicintai Allah swt

Allah swt sangat menyukai sesuatu yang ganjil karena Allah swt adalah satu. Allah swt menyukai orang yang melaksanakan salat witir karena rakaatnya ganjil.

- Salat yang lebih baik dari unta merah

Salat witir disebutkan lebih baik dari unta merah. Hal ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw, yang artinya :
“Sesungguhnya Allah telah mewajibkan bagi kalian sebuah salat yang dia lebih baik bagi kalian daripada unta merah, yaitu salat witir, dan telah menjadikannya berada di antara salat isya’ hingga terbit fajar.” (HR. Abu Dawud)

- Salatnya disaksikan malaikat

Salat witir yang dilaksanakan di penghujung malam disaksikan oleh malaikat. Malaikat yang hadir akan membawa berkah dan ikut mendoakan kita kepada Allah swt.
Indonesia Pintar Belajar Dimanapun dan Kapanpun Yang Kamu Mau

Belum ada Komentar untuk "E-SISWA : Ringkasan Materi Salat Witir"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel