BAB. 2 ENERGI DAN SUMBER ENERGI

SUMBER ENERGI

A. Bentuk Energi

Energi merupakan kemampuan untuk melakukan suatu usaha atau kerja. Ada bermacam - macam energi disekitar kita. Segala sumber yang menghasilkan energi disebut sumber energi.

1. Energi Panas
Energi panas juga disebut energi kalor. Energi panas dihasilkan oleh sumber energi panas. Contoh sumber energi panas yaitu matahari dan api. Selain matahari dan api, gesekan antara 2 buah benda juga dapat menghasilkan panas. Misalnya gesekan antara 2 telapak tangan dan gesekan antara batu dengan batu atau kayu dengan kayu.

2. Energi Gerak

Energi gerak merupakan energi yang dimiliki oleh benda yang bergerak. Contohnya sumber energi gerak yaitu aliran air dan tiupan angin. Energi gerak dapat menggerakkan benda yang dikenainya.

3. Energi Cahaya

Segala sesuatu yang dapat menghasilkan cahaya disebut sumber energi cahaya. Energi cahaya dapat menyebabkan tempat gelap menjadi terang.

Sumber energi cahaya terbesar dibumi adalah matahari. Cahaya matahari menyebabkan bumi menjadi terang pada siang hari. Selain matahari, lampu dan api juga menghasilkan energi cahaya.

4. Energi Listrik

Energi listrik merupakan energi yang dihasilkan arus listrik. Energi listrik berasal dari pembangkit listrik. Energi listrik dapat diubah menjadi berbagai macam bentuk energi lain, seperti energi gerak, panas, cahaya dan bunyi.

5. Energi Kimia

Energi kimia merupakan energi yang dihasilkan oleh reaksi kimia. Energi kimia terdapat dalam baterai, aki serta bahan bakar seperti bensin, solar, minyak tanah dan batu bara.
Energi kimia dapat diubah menjadi energi listrik, panas, gerak, dan lain-lain. Makanan yang kita makan juga termasuk sumber energi kimia.

6. Energi Bunyi

Segala sesuatu yang menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi. Bunyi berasal dari benda yang bergetar. Semakin kuat getaran suatu benda, maka energi bunyi yang dihasilkan semakin keras. Sebaliknya, semakin lemah getaran suatu benda maka energi bunyi yang dihasilkan semakin lemah. Contoh sumber energi bunyi adalah radio.
Indonesia Pintar Belajar Dimanapun dan Kapanpun Yang Kamu Mau

Belum ada Komentar untuk "BAB. 2 ENERGI DAN SUMBER ENERGI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel