Pengertian Harga Diri

Pengertian Harga Diri

A. Pengertian Harga Diri

Harga diri sama artinya dengan kehormatan diri. Harga diri dimiliki oleh setiap orang. Harga diri menyangkut sifat, perilaku atau anggapan tentang apa yang dirasakan diri sendiri.

"Jika kita merasa bahwa diri kita baik maka harga diri kita menjadi tinggi. Jika kita merasa bahwa diri kita buruk maka harga diri kita menjadi rendah"
Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak ada manusia yang sempurna. Jadi, kita tidak perlu merasa diri kita buruk. Namun, kita juga tidak boleh menganggap diri kita paling baik. Harga diri juga dapat dengan sendirinya dengan kepandaian, perilaku, atau status sosial yang ada pada diri seseorang.

Harga diri juga diperoleh dengan melakukan perbuatan yang terpuji. Perbuatan inilah yang akan menentukan harga diri seseorang dihadapan orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari, harga diri sangat penting dan perlu dimiliki oleh setiap orang. Harga diri seseorang dibedakan menjadi dua yaitu sebagai berikut:

1. Harga diri tinggi

Seseorang dikatakan memiliki harga diri tinggi yaitu ketika dia dinilai baik dan positif oleh orang lain serta berguna bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

2. Harga diri rendah

Seseorang dikatakan memiliki harga diri rendah yaitu ketika dia di nilai negatif, dianggap tidak baik dan melakukan kegiatan yang tidak berguna. Banyak orang yang salah mengambil keputusan berbuat sesuatu hingga membuat harga dirinya menjadi rendah. Perbuatan yang merendahkan harga diri sendiri antara lain : mencontek, mengemis, mencuri, menipu, berbohong, curang, korupsi dan lain sebagainya.

Berbuat sesuatu yang tercela membuat harga diri seseorang menjadi rendah dan diremehkan orang lain.

"Harga diri bukanlah sesuatu yang berwujud nyata, seperti mobil atau rumah. Harga diri tidak dapat dibeli dengan uang tunai. Hal ini karena suatu kehormatan diri tidak dapat diganti dengan nilai uang"
Adanya harga diri pada diri kita terlihat dari sikap orang lain kepada kita. Sikap itulah yang menunjukkan bagaimana harga diri kita. Kita dapat melihat sikap orang lain pada diri kita melalui hal sebagai berikut :

- Diakui oleh orang lain

Diakui oleh orang lain merupakan salah satu tanda adanya harga diri. Pengakuan dari orang lain biasanya muncul karena kemampuan yang kita miliki atau sikap baik yang biasa lakukan. Pengakuan yang menunjukkan harga diri yang baik tidak berlaku jika kita dikenal sebagai anak yang berperilaku nakal. Saat kita berlaku nakal, kita akan diakui sebagai anak yang nakal. Pengakuan seperti ini bukanlah harga diri yang baik.

- Dihormati orang lain

Penghormatan orang lain pada diri kita biasanya muncul karena kita melakukan suatu tingkah laku yang baik dan santun.

- Disenangi orang lain

Harga diri dalam bentuk disenangi orang lain muncul dari sikap menyenangkan yang kita tunjukkan kepada orang lain. Disenangi orang lain menjadi bukti adanya harga diri yang baik pada diri kita. Namun, kita harus tahu bahwa menyenangkan orang lain hanya boleh dilakukan dalam hal yang baik.

- Dipilih orang lain

Dipilih orang lain tentu ada alasannya. Terpilih di antara pilihan yang ada menunjukkan kita memilki dan memenuhi keinginan orang lain. Biasanya seseorang dipilih berdasarkan kemampuan, sikap dan perilakunya.
Indonesia Pintar Belajar Dimanapun dan Kapanpun Yang Kamu Mau

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Harga Diri"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel