E-SISWA : Perambatan Bunyi


Perambatan Bunyi
E-SISWA - Benda - benda yang dapat menghasilkan bunyi jika benda tersebut bergetar. Kamu pasti pernah berteriak dari kejauhan memanggil orang lain.

Pernahkah kamu berpikir, bagaimana suaramu dapat didengar oleh orang lain dari kejauhan? Tahukah kamu, bagaimana bunyi dapat sampai ke telinga kita?

Bunyi merupakan gelombang yang arah perambatannya sejajar dengan arah getarnya. Bunyi dapat terdengar jika memenuhi syarat sebagai berikut :
- Ada sumber bunyi
- Ada media penghantar
- Ada pendengar

Bunyi yang berasal dari sumber bunyi dapat sampai ke pendengar dengan cara merambat. Bunyi dapat merambat melalui media perantara baik udara, zat cair dan benda padat. Bunyi tidak dapat merambat tanpa adanya media perantaranya.

Bunyi yang merambat benda padat, akan terdegar lebih jelas dibandingkan bunyi yang merambat melalui udara. Perambatan bunyi juga memerlukan waktu. Kecepatan perambatan bunyi disebut juga 
cepat rambat bunyi.

1. Bunyi dapat merambat melalui benda padat

Contoh benda padat adalah kayu dan penggaris. Kamu dapat membuktikan perambatan bunyi melalui  benda padat dengan melakukan percobaan sendiri, misalnya dengan menggunakan penggaris. Coba dekatkan salah satu ujung penggaris ke telingamu. Kemudian ketuk-ketukkan ujung yang satunya lagi dengan tanganmu.

Apakah kamu dapat mendengar bunyinya? Bunyi tersebut merambat melalui penggaris. Hal ini membuktikan bahwa penggaris dapat menjadi media perambatan bunyi. Perambatan bunyi melalui benda padat lebih cepat dibandingkan melalui benda cair dan gas.

2. Bunyi dapat merambat melalui benda cair

Bunyi dapat merambat melalui benda cair. Untuk membuktikannya, kamu dapat melakukan percobaan dibawah ini.
a. Sediakan ember, air, batu, dan corong.
b. Isilah ember dengan air hingga hampir penuh.
c. Masukkan corong tersebut ke dalam air hingga bagian dalamnya terisi oleh air. Usahakan corong tidak menempel pada ember.
d. Ketuk-ketukkan salah satu sisi ember dengan menggunakan batu. Selanjutnya, salah seorang temanmu mendekatkan telinganya di atas corong.
e. Bunyi akan dapat didnegar oleh temanmu.

Dari kegiatan tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa bunyi dapat merambat melalui zat cair. Namun, bunyi yang merambat zat cair lebih lemah dibandingkan melalui udara.

3. Bunyi dapat merambat melalui udara

Selain melalui zat padat dan cair, bunyi juga dapat merambat melalui udara. Sebenarnya, sebagian besar bunyi yang kita dengarkan setiap harinya adalah bunyi yang merambat melalui udara. Kuita dapat mendengar bunyi dari sumber bunyi yang jaraknya jauh karena bunyi tersebut merambat melalui udara.

Untuk membuktikannya, mintalah seorang temanmu untuk mengetuk sebuah meja. Cobalah kamu berdiri agak jauh darinya. Dapatkah kamu mendengar suara ketukan meja tersebut? Tentu dapat, hal ini disebabkan oleh bunyi tersebut yang merambat melalui udara.
Indonesia Pintar Belajar Dimanapun dan Kapanpun Yang Kamu Mau

Belum ada Komentar untuk "E-SISWA : Perambatan Bunyi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel